ANOTHER DAY

Tuesday, February 18, 2020

Tips & Tricks: How To Learn English

Hasil gambar untuk aesthetic blue pastel
Hi There! Nice to see you
So.. know, i wan to post about "How To Learn English" Quickly. So... Anyway, i rather interested with English, Korean, Japan, and Arab. Yeah, i don't know why either  (?) :v Back to Indonesian. Oke Guys, sekarang Fathya mau ngasih Tips and Tricks lho... (Freebiesnya kapan?) Laen kali ae lah... Oe males nyari ide buat Freebies :\
Banyak yang harus dipelajari nih... Baca sampai habis jika benar-benar tertarik lho ya! {Ini Fathya Bay the way}

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris ini Terbukti Berhasil Tanpa Kursus


EnglishCoo – 9 cara cepat belajar Bahasa Inggris sukses bikin pemula jadi mahir. Jika ingin berhasil menguasai bahasa Inggris, kamu perlu membaca dan menerapkannya.

Ikuti cara cepat belajar bahasa Inggris terbukti sukses tanpa kursus berikut:

Mulai dari materi yang paling gampang,
Jangan menghapal kosakata tapi fokus pada kalimat,
Grammar sebagai cara cepat belajar bahasa Inggris,
Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Listening,
Perbanyak latihan membaca alias Reading,
Berpikir dalam bahasa asing dan praktek berbicara,
Writing sebagai cara cepat belajar bahasa Inggris,
Buka koneksi dan jaringan seluas-luasnya, dan
Gali alasan dan tetapkan tujuan belajar bahasa asing.
Jika mencari di internet, ada banyak cara belajar Bahasa Inggris dengan cepat. Bahkan dengan judul artikel menggila serta menggiurkan. Ada artikel menjanjikan rahasia menguasainya dalam 1 hari. Iya, satu hari saja katanya bisa menyulap keterampilan berbahasa asing jadi maknyus.



Jika percaya hal ini, mungkin akan datang sebuah keajaiban. Suatu sihir memaksa otak menjadi brilian sehingga bisa lancar berbicara alias Speaking dalam satu hari saja.

Hanya saja, kita perlu sadar akan satu hal: Semuanya butuh PROSES. Bisa dibayangkan gimana jadinya bayi 1 bulan dipaksa berjalan? Atau tubuh tak terbiasa yoga dipaksa melakukan satu gaya yoga ekstrim? Mungkinkah hari ini menanam benih lalu dalam satu hari berharap dapat memetik buahnya?

Jadi, semua yang kita inginkan perlu proses untuk mendapatkannya. Juga dalam belajar sebuah bahasa asing kita perlu sadar bahwa Kemahiran butuh PROSES.

Nggak ada yang instan. Bahkan mie aja dicap instan, perlu diproses dulu untuk membuatnya menjadi makanan siap saji. Kita perlu mendidihkan air dulu kemudian merebus mie tersebut. Iya toh?

Selain berproses, hal satu ini penting banget yaitu mengetahui tips dan cara cepat menguasai bahasa Inggris. Semua materi itu gampang koq, asalkan tahu cara dan tips jitu menaklukannya. Bahkan tanpa kursus atau les privat, kamu bisa mahir apabila mengikuti cara cepat belajar bahasa Inggris berikut.




  • 1. Mulai dari materi paling gampang dulu. Jangan pernah malu jika nanti kamu emang perlu materi setingkat SD.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Mulai Dari Materi yang Paling Gampang

Aku kan udah SMP/SMA, koq dapet materi kayak anak SD sih? Dari alphabet, kosakata bahkan membaca dongeng serta cerita anak. Idih, nggak level deh!
Eits, jangan sampai ada pikiran meremehkan sebuah materi dasar ya. Jika kamu emang mulai dari level beginner alias pemula, ya terima saja. Jangan pernah hilang pede karena harus bawa buku setingkat SD walaupun kamu udah gede.



Hal ini paling sering membuat seseorang gagal. Malu memulai dari tahap pemula. Dan malu jika harus belajar dari alphabet. Malu membaca dongeng serta cerita anak. Pokoknya, pengennya bisa tapi nggak mau mulai dari level pemula.

Mudah-mudahan kamu bukan salah satu dari kelompok pemalu itu ya.

Coba sesekali pergi ke toko buku impor, Periplus contohnya. Buku bahasa Inggris untuk anak SD (Primary School) biasanya dimulai dari level lumayan tinggi. Mungkin itu karena standar di luar negeri (misalnya Singapura) memang lebih tinggi daripada di Indonesia.

Awal ngajar di SD National Plus di mana kebanyakan murid-muridnya ekspatriat, saya sempat heran melihat buku yang dipakai yaitu buku impor dari Singapura (My Pals are Here). Ya, memang kebanyakan murid di sana kesehariannya menggunakan bahasa Inggris, jadi buku tersebut pas buat mereka.

So, mulai dari materi dasar dulu. Misalnya belajar tenses bisa berawal dari Simple Present Tense. Bahkan materi SD harusnya nggak jadi masalah. Mengenal alphabet bisa sangat membantu meningkatkan keterampilan berbicara. Kosakata dari mendengar/membaca cerita anak akan membuat pengetahuan dan keterampilanmu meningkat pesat.



Selalu ingat hal ini: level beginner itu bukan hal memalukan. Semua ahli berawal dari level pemula. Di level ini semangatmu akan diuji. Apakah kau akan menang dan salut atau kalah dan tersenyum kecut?




  • 2. Jangan Menghapalkan Kosakata. Mengapa??? Ini alasannya beserta hal yang sebaiknya kamu lakukan.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Fokus pada Kalimat dan Jangan Menghapal Kosakata
Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Fokus pada Kalimat dan Jangan Menghapal Kosakata
Ada yang kasih cara cepat belajar bahasa Inggris dengan cara menghapalkan beberapa bahkan puluhan kosakata setiap hari. Hm… efektif nggak ya??? Menurut pengalaman saya saat belajar sebuah bahasa asing, yang seharusnya dilakukan bukanlah menghapal kosakata.

Kita nggak akan pernah mahir berbahasa Inggris jika hanya menghapal kosakata saja. Mengapa???

Coba jawab pertanyaan berikut: Apa diperlukan saat percakapan? Kosakata, frase atau kalimat?

Saat berdialog dengan seseorang, misalnya bule, kita lebih banyak memerlukan kalimat. Ya, mungkin terkadang perlu frase atau kosakata. Hanya terkadang saja. Untuk pemula tentu kita pelajari kalimat sederhana seperti kalimat Simple Present Tense.

Yuk belajar tenses dari contoh kalimat Bahasa Inggris. Pilih tenses simpel alias sederhana ingin kamu kuasai:

SIMPLE PRESENT TENSE: Contoh Kalimat Positif Negatif Interogatif
SIMPLE PAST TENSE: Contoh Kalimat Menggunakan Verb 2, Did, Was, Were
SIMPLE FUTURE TENSE: Contoh Kalimat Menggunakan Will dan Going To
Apa menghapal kosakata itu salah??? Eits, saya nggak bilang cara belajar bahasa Inggris seperti itu salah ya. Kalau tujuannya lulus tes besok, ya mungkin cara ini paling cepat. Tapi kalau tujuanmu untuk mahir berkomunikasi, belajar dengan cara menghapal kosakata bukanlah cara efektif.

Trus gimana donk???

Gunakan kosakata-kosakata yang udah dipelajari untuk membuat kalimat sederhana. Kemudian berlatih untuk mengucapkan kalimat tersebut berulang-ulang.

Masih belum nangkep maksudnya???

Oke, contoh sederhananya gini. Misal kita udah belajar materi dasar seperti salam, perkenalan, angka. Juga beberapa kata sifat (Adjective) seperti handsome, beautiful, fat, slim.

Kemudian mempelajari tentang family seperti father, mother, sister, brother, grandmother, grandfather, uncle, aunty. Agar lebih cepat menguasai bahasa Inggris, fokus pada beberapa kosakata saja dulu. Kemudian susun kalimat sederhana menggunakan kata-kata tersebut.

Misalnya:

I have a father. My father is fat.
I have a mother. My mother is slim.
I have two sisters. My first sister’s name is… Her name is… My sisters are beautiful.
I have one brother. My brother’s name is… My brother is handsome.
Itu hanya contoh sederhana. Kalau bisa bikin kalimat menggunakan kosakata lebih banyak, ya silahkan. Asal jangan kebanyakan karena kamu akan berlatih mengucapkannya tanpa melihat teks. Sekali lagi, kamu akan berlatih mengucapkannya tanpa teks.

Oleh karena itu fokus pada beberapa kosakata saja. Gunakan kosakata tersebut dalam kalimat sederhana. Kemudian berlatih mengucapkannya tanpa teks. Bukan menghapal! Tapi mengucapkan serta memahami makna kalimat tersebut.

Ingin memperbanyak perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris seperti kata benda, kerja, dan sifat? Yuk baca artikel-artikel berikut.

Kata Kerja Bahasa Inggris Populer Beserta Artinya Verb 1 2 3 & ing
Kata Benda Bahasa Inggris dari A sampai Z Beserta Artinya
Kata Sifat dalam Bahasa Inggris & Artinya Super Lengkap A sampai Z



  • 3. Kamu benci materi grammar? Oh, sayang sekali. Padahal ini adalah salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris.

Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Inggris adalah mencintai dan mempelajari Grammar
Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Inggris adalah mencintai dan mempelajari Grammar
Benarkah grammar sedemikian pentingnya? Oh, bukan penting lagi. Tapi sangat sangat penting. Tanpa grammar, bahasa Inggrismu jadi kacau.

Grammar atau tata bahasa itu memiliki fungsi sama dalam bahasa Indonesia. Bisa bayangkan sebuah kalimat tanpa tata bahasa? Biar lebih jelas coba kita perhatikan kalimat di bawah:

bahasa Inggris saya tahun belajar mulai lalu.
Bisakah kamu paham kalimat tersebut? Seperti kalimat acak, kan? Jika kata-katanya kita susun sesuai tata bahasa Indonesia yang sesuai menjadi:

Saya mulai belajar bahasa Inggris tahun lalu.
Kalimat mana lebih gampang dipahami, kalimat pertama atau kedua? Kalimat pertama tata bahasanya “suka-suka gue” atau kalimat kedua dengan tata bahasa sesuai?

Jadi, kita mengerti sekarang mengapa grammar alias tata bahasa sangat penting dipelajari. Kita seharusnya belajar untuk menyukai grammar. Mengapa? Karena penguasaan grammar memberi kita pengetahuan tentang cara berkomunikasi secara efektif.

Tumbuhkan antusiasme untuk mendalami grammar. Kebanyakan pemula malah membenci grammar. Padahal memahami materi dasar grammar adalah salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris.

Ingin menguasai grammar & tenses? Fokus pada 5 tenses saja & cari tahu tips menguasai tenses & grammar Bahasa Inggris. Check them out!

Grammar Bahasa Inggris Nggak Susah Asal Kamu Tahu 6 Langkah Jitu Ini
Ingin Mahir Percakapan Bahasa Inggris? Fokus pada 5 Tenses Ini



  • 4. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Listening: Tonton video atau film, dengarkan audio, dengarkan lagu. Pokoknya mesti banyak berlatih mendengar!

Cara belajar Bahasa Inggris cepat yaitu Praktek Listening adalah Kunci Sukses
Cara belajar Bahasa Inggris cepat yaitu Praktek Listening adalah Kunci Sukses
Suka nonton film Hollywood atau film British? Nah, hobi nonton film ini bisa dimanfaatkan agar cepat menguasai bahasa asing ini.

Awalnya bisa nonton film favoritmu dengan subtitle agar paham jalan ceritanya. Kemudian untuk kedua kalinya, tonton film tanpa subtitle. Pasang telinga baik-baik dan coba pahami apa yang disampaikan oleh para tokoh dalam film tersebut.

Kalau sukanya film Korea, Jepang atau Thailand, gimana? Ini juga bisa dimanfaatkan lho. Kita hanya perlu mencari subtitle dalam bahasa Inggris. Film Korea biasanya kan banyak episode tuh. Nah, hanya perlu pilih satu episode yang udah pernah ditonton. Trus cari English subtitle lalu tonton dan pahami.

Atau suka Youtube-an? Nah, cari dan dengarkan English videos. Biasanya video di Youtube jarang pakai subtitle bahasa Indonesia. Jadi kita bisa praktek listening melalui video dari Youtube.

Lebih doyan dengerin lagu daripada nonton film? Cara belajar bahasa Inggris ini pas banget untuk meningkatkan keterampilan berbahasa asing lebih cepat. Jangan hanya sekedar menikmati musiknya saja. Tapi pahami apa yang diucapkan oleh si penyanyi.





Dengarkan serta pahami lirik lagu tersebut. Ulangi mendengarkannya beberapa kali. Kemudian tulis lirik lagunya. Setelah lirik lagunya komplit, bisa cocokkan lirik di internet.

So, kita jadi tahu apa yang perlu ditingkatkan. Lakukan secara konsisten mendengarkan lagu lain. Semakin sering melakukannya, telingamu akan terbiasa dengan English pronunciation.




  • 5. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Reading: Baca cerita, artikel atau teks dengan suara keras. Semakin sering melakukannya, lidahmu semakin terbiasa.

Praktek Membaca atau Reading dapat membantu agar menguasai bahasa Inggris dengan cepat
Praktek Membaca atau Reading dapat membantu agar menguasai bahasa Inggris dengan cepat
Yes, you must read English books.

Jangan membayangkan buku Harry Potter (English version) tebalnya sampai ratusan halaman apabila kamu diminta membaca buku. Atau membayangkan buku paket atau buku pelajaran berisi teori, grammar, struktur serta kosakata. Oh No…!!!

English books dimaksud di sini adalah buku tipis dan bergambar. Yes, you need a story book. Bacalah buku cerita serta narrative text singkat misalnya legenda dalam bahasa Inggris yang kosakatanya sesuai dengan kemampuanmu. Setingkat lebih tinggi, nggak masalah koq.

Seperti anak TK saja, baca buku cerita bergambar. Eits, jangan negatif dulu. Belajar melalui media cerita bergambar memberi manfaat besar lho. Tahukah kamu, membaca buku cerita bergambar bikin kamu jadi lebih mengingat kosakata yang ada di dalamnya. Sekaligus, cara belajar ini bisa meningkatkan keterampilan membaca alias reading lebih cepat karena sesuai kemampuanmu.

Jika membaca buku cerita bergambar bukan hal menantang, cobalah membaca cerita pendek. Yap, cerpen tanpa gambar, novel untuk anak atau remaja. Bacalah dengan suara keras. Cukup keras sehingga kamu dapat mendengarkan suaramu dengan baik.

Cara cepat belajar bahasa Inggris yang berhubungan dengan Reading adalah menjadi pembaca aktif alias An Active Reader. What??? Pembaca aktif, apa maksudnya tuh?

Perhatikan kata-kata di dalam cerita serta narrative text pendek tersebut. Perhatikan susunan kata dan tata bahasa alias grammar yang dipake dalam cerita narrative. Mulai menganalisis. Inilah disebut pembaca aktif.

Lakukan kegiatan membaca secara konsisten, misalnya 30 menit setiap hari. Jika bersungguh-sungguh, dalam sebulan kamu akan melihat peningkatan signifikan.

Uji kemampuan Reading dengan membaca contoh descriptive text dan narrative text. Nih ada beberapa contoh teks dalam Bahasa Inggris. Check them out!

7 Descriptive Text tentang Tempat Wisata Keajaiban Dunia
6 Contoh Descriptive Text tentang Seseorang Tercinta
Contoh Narrative Text Legend Populer di Indonesia



  • 6. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Speaking. Berpikir dan berbicara dalam bahasa asing ini bisa memberi hasil menakjubkan.

Cara cepat belajar bahasa Inggris yang ampuh adalah praktek berbicara alias Speaking kapan dan di mana saja
Cara cepat belajar bahasa Inggris yang ampuh adalah praktek berbicara alias Speaking kapan dan di mana saja
Cara cepat belajar Bahasa Inggris keenam adalah berpikir dan berbicara dalam bahasa asing. Praktek berbicara atau speaking mungkin adalah hal lumrah. Biasa. Bagaimana dengan “berpikir dalam bahasa Inggris”???

Pernah ngobrol dalam bahasa asing??? Sadar atau nggak, saat ngobrol kita sering menerjemahkan, entah dari Inggris ke Indonesia atau sebaliknya. Metode “translation” kurang efektif untuk meningkatkan keterampilanmu.

Bahkan, kamu jadi keterusan pengen menerjemahkan agar bisa mengerti. Selain itu, responmu jadi lama. Kenapa? Karena kamu harus menerjemahkan dulu, baru memberi respon. Cara itu membuatmu kaku serta kurang natural. Trus gimana donk?

Think in English.

Yap, kamu perlu berlatih untuk berpikir dalam bahasa asing. Cara tersebut akan membuat otakmu terbiasa mengolah sesuatu dalam bahasa baru. Nah, saat ngobrol, responmu pun jadi lebih cepat tanpa harus menerjemahkan.

Gimana cara berpikir dalam bahasa asing? Gampang banget! Kamu hanya perlu meluangkan waktu dan melatih diri untuk berpikir dalam bahasa ini. Dengan kata lain, beri waktu kepada diri untuk terbiasa melakukannya. Ini salah satu cara efektif banget untuk meningkatkan keterampilanmu.




  • 7. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Writing. Tulis dairy, tulis puisi, tulis catatan dan tulis apapun dalam bahasa asing ini. 10 Menit perhari, udah lebih dari cukup!

Cara menguasai bahasa Inggris cepat adalah belajar menulis serta praktek Writing setiap hari
Cara menguasai bahasa Inggris cepat adalah belajar menulis serta praktek Writing setiap hari
Nulis? Duh, aku nggak suka nulis!

Eits, tunggu dulu. Jangan langsung mikir kalo nulis dalam bahasa Inggris itu susah dan ribet. Kamu mesti berkenalan dengan yang namanya Creative Writing.

Creative Writing adalah jenis penulisan yang berada di luar ketentuan jurnalistik atau tulisan ilmiah. Kamu bisa nulis sebebas-bebasnya sesuai imajinasimu. Tema apa? Bebas.

Kadang kalau dikasi tema bebas, jadi bingung mau nulis apa. Mikir kelamaan, eh ujung-ujungnya nggak jadi nulis. Jangan sampai berujung tragis kayak gini ya. Kalau udah komitmen nulis, ya nulis. Nggak ada kompromi. Tulis apa saja.

Cerita paling gampang ditulis adalah pengalaman menyenangkan/menyedihkan hari ini. Bisa juga menulis kegiatan sehari-hari alias Daily Activities. Tulis dalam sebuah diary. Kamu suka nulis puisi? Ayo berkreasi menggunakan kosakata yang udah dipelajari!

Gimana dengan grammar?? Jangan terlalu ambil pusing masalah grammar. Yang jelas, tulis apa yang ada di kepala. Setelah itu baru deh ngurusin grammar, spelling alias ejaan. Itupun kalau tulisanmu udah kelar. Pokoknya tulis apapun yang sudah dipelajari. Bahkan kamu bisa menulis menggunakan kosakata baru. Cara ini bikin kamu mengingat kosakata baru dengan cepat.

Berapa halaman nih nulisnya?? Kamu nggak harus nulis 5 halaman dalam sehari. Satu paragraf 100-200 kata udah cukup koq. Atau luangkan waktu 10 menit saja per hari untuk praktek menulis. Percaya deh, cara cepat belajar bahasa Inggris ini akan membuatmu semakin dekat dengan tujuan mahir.

Kamu punya pengalaman seru? Ceritakan kegiatan sehari-hari (Daily Activity) atau cerita kegiatan hari libur akhir pekan. Jangan lupa baca dulu:

Contoh Daily Activity Sebagai Pelajar, Mahasiswa dan Karyawan
Cerita Liburan Akhir Pekan dalam Bahasa Inggris: How was your weekend?



  • 8. Bangun dan pelihara koneksi dengan orang-orang kompeten. Cara cepat belajar bahasa Inggris ini bisa mengantarkanmu kepada sahabat bule.

Bangun dan pelihara koneksi dengan orang-orang kompeten agar menguasai Bahasa Inggris lebih cepat
Bangun dan pelihara koneksi dengan orang-orang kompeten agar menguasai Bahasa Inggris lebih cepat
Buat yang masih sekolah, kamu bisa manfaatkan kesempatan emas. Apaan tuh? Lebih akrab dengan guru bahasa Inggris yang dimiliki sekarang. Kalau perlu, sering-sering praktek bersama guru itu. Cara ini efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa asing dengan cepat.

Bangun koneksi dengan kakak tingkat yang pintar serta mau berbagi pengetahuan. Ikuti klub lalu cari kenalan yang memiliki minat senada denganmu. Simpan nomor telepon / hp mereka. Tetaplah terkoneksi serta jalin komunikasi sehingga kamu punya partner saat ingin berlatih speaking bersama seseorang.

Kalau merasa perlu ikut kursus atau les privat biar lebih mantap, ya monggo. Yang penting punya niat besar untuk belajar. Semua kembali ke diri sendiri dan pengorbananmu. Cek subpoin 9, kamu akan paham!

Buat yang udah lulus sekolah, nggak usah khawatir. Ada banyak orang kompeten di luar sana bisa diajak berkomunikasi. Bahkan kamu bisa mendakati bule. Jika cara memulai percakapan menarik perhatian, bisa jadi kalian jadi sahabat. Pengen kan punya teman bule?

Pengen sukses ngobrol dengan bule atau memulai percakapan dengan turis? Baca artikel-artikel berikut:

10 Kesalahan Fatal saat Ngobrol dengan Bule pakai Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris dengan Turis: 7 Cara Ampuh Memulai Dialog



  • 9. Mengapa belajar bahasa Inggris? Apa yang akan kamu korbankan untuk bisa menguasai bahasa Inggris lebih cepat?

Salah satu cara belajar bahasa Inggris cepat dan mudah adalah tingkatkan fokus dan selalu motivasi diri
Salah satu cara belajar bahasa Inggris cepat dan mudah adalah tingkatkan fokus dan selalu motivasi diri
Nah ini dia hal yang nggak boleh dilupakan. Bahkan kamu harus melakukannya sebelum memulai. Tetapkan satu tujuan. Yup, set a goal!

Tanya kepada dirimu mengapa belajar sebuah bahasa asing. Gali alasan-alasan yang membuatmu (atau memaksamu) untuk tetap semangat. Entah mau masuk ke jurusan Bahasa Inggris di universitas, jadi guide, ingin jadi pengusaha di bidang pariwisata. Ingin punya sahabat atau pasangan bule, atau hanya sekedar membuktikan kepada seseorang yang meremehkanmu.

Apapun tujuanmu, tetapkanlah satu untuk bisa menjadi motivasi setiap kali kamu mengalami kesulitan. Tujuan itu dapat memotivasimu untuk bangun dan tetap melangkah ketika merasa down.

Tips terakhir ini sangat essential. Keinginan dari dalam diri. Pacu terus diri dan kemauanmu untuk terus belajar. Sedikit paksaan terkadang juga perlu. Paksa dirimu sembari mencari alasan kuat dan menerapkan cara strategis.

Lihatlah seberapa penting bahasa asing mempengaruhi hidup orang-orang di lingkunganmu, terutama mereka yang sudah bekerja. Juga tanyakan kepada dirimu dan jawab dengan jujur “Apakah aku benar-benar ingin belajar?” Jika telah menyadari bahwa kamu memiliki sebuah keinginan, perkuat keinginan itu.

Malas belajar Bahasa Inggris? Temukan alasan yang bisa bikin tambah semangat, terutama meraih masa depan impian. Bahkan belajar bisa kayak traveling. Yuk simak:

Alasan Belajar Bahasa Inggris ini Bikin Kamu Makin Semangat
7 Masa Depan Impian Ini Dapat Kamu Raih dengan Bahasa Inggris
Belajar Bahasa Inggris Sama Kayak Traveling lho: Ini 7 Alasan Unik
***

Semua itu adalah cara cepat belajar Bahasa Inggris yang gampang diterapkan, tapi susah diwujudkan. Cara-cara itu tidak akan bekerja tanpa keinginan kuat dari dalam dirimu. Semua kembali kepada seberapa besar keinginanmu. Juga seberapa keras usahamu, tanpa mengeluarkan biaya tinggi untuk kursus ataupun les privat.

No comments:

Post a Comment